Featured Video

Senin, 22 Oktober 2012

cara mudah upgrade android 2012

Cara Mudah Upgrade Android

This entry was posted in Open Source, Teknologi and tagged , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.
9
Baru saja habis mengupgrade handphone Samsung Galaxy Ace punya temen dengan cara yang sangat mudah bahkan tanpa menggunakan Samsung KIES. Saya tulis disini sebagai catatan kecil saja dan sebagai informasi kepada pembaca sekalian yang mungkin tidak/belum sadar ternyata ada fitur tersebut di handphone kita (juga buat nambah-nambah posting di blog heheh)… Syarat agar pembaca sekalian bisa “nyambung” dengan blog ini adalah: tentu saja memiliki handphone Samsung dengan U.I. Touchwiz-nya, menggunakan Stock ROM Gingerbread  (ROM Gingerbread bawaan Samsung -kalau masih Froyo abaikan posting ini, silahkan ke sini dulu untuk upgrade ke Gingerbread-), serta satu syarat lagi… memiliki alamat email. Untuk yang menggunakan Custom ROM, diluar posting blog ini. Tapi tidak menutup kemungkinan fitur upgrade ke versi terbaru yang mirip dengan ini tersedia juga di Custom ROM-nya.. silahkan ulik-ulik sendiri hehe.
Selama ini saya penasaran sama menu baru “Software Update” yang terdapat di firmware Samsung semenjak di upgrade ke Gingerbread (waktu handphone saya masih menggunakan Android Froyo 2.2.x, menu “Software Update” ini belum ada). Nah, kebetulan pada waktu awal tahun 2012 ada “kado” dari Samsung untuk pelanggannya yaitu minor firmware upgrade ke versi 2.3.6 (sebelumnya 2.3.4). Pas momennya nih.. saya rasa ini saat yang tepat untuk nge-klik panel itu. Karena selama ini kalau panelnya di klik, pesannya selalu “No Update Found” hahaha..
Menu "Software Update"
Menu “Software Update”
Untuk menampilkan menu yang ada panel “Software Update”-nya ini, ada di Setting -> About Phone. Kemudian klik panel “Software Update” sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini. Ada menu “Update” untuk melakukan update, “WiFi Only” untuk melakukan download firmware ketika menggunakan WiFi saja (bisa diaktifkan bila setuju dan tidak bila tidak setuju), serta Samsung account. Nah.. Samsung account ini harus diisi terlebih dahulu baru kita bisa melakukan upgrade “on the fly”. Silahkan pilih Samsung account dan lakukan proses registrasi yang salah satu mandatory nya adalah memasukkan alamat email.
Tampilan Software Update
Tampilan Software Update
Jika sudah berhasil melakukan registrasi dan logged-in, akan tampak informasi user yang telah logged-in. Sampai tahap ini, mestinya upgrade on the fly sudah bisa dilakukan. Selamat mengupgrade firmware anda ke versi 2.3.6. Rajin-rajin nge-cek pencet panel “Update” yee… sapa tau ada upgrade firmware ke Ice Cream Sandwich untuk Galaxy Ace hahaha.. Doakan saja hihih..
Samsung Account Information
Samsung Account Information





32 Comments

  1. andhilyoonyulsic
    Posted May 23, 2012 at 7:52 pm | Permalink
    untuk apa coba upgrade android ??
  2. Jul
    Posted May 31, 2012 at 3:27 pm | Permalink
    Tq atas info ini. Gua jg baru nyadar klo panel tsb ada & bisa buat upgrade. Selama ini tu panel ngangggur aja, padahal gua uda pake GS ii yg androidnya 2.3.3. Sekali lg tq
  3. indra
    Posted June 7, 2012 at 6:42 pm | Permalink
    udh ane tken “update” tulisanny no update found, en versiny masih 2.3.4 piye?? itu buat ACE bisa kan??
  4. Erlangga
    Posted June 23, 2012 at 1:07 pm | Permalink
    kok punya ku g ada update softwarenya punya ku tablet TREQ A 10 G,,,, tolong bantuannya…
  5. Fauzan
    Posted June 24, 2012 at 9:23 pm | Permalink
    @andhilyoonyulsic
    Untuk ngebuat Androidnya lebih baik & baru lah!
    Orang gaptek kayak saya ngerti masa, anda tidak ngerti sih?
  6. Mulia
    Posted July 11, 2012 at 4:39 pm | Permalink
    Thanks Gan ini beguna n ber jalan lancar
    apa filenya saya n nomor telepon gak hilang kalo mengupdate?
    thanks…
  7. vanny rosa
    Posted July 21, 2012 at 11:08 am | Permalink
    apa aplikasi dan data2 di hp bisa hilang jika mlakukan software update?
  8. Posted July 22, 2012 at 9:13 pm | Permalink
    saya sudah coba dengan upgrade android cara ini, aplikasi & data-data di hp gak hilang kok. kira-kira itu yang bisa saya tambahkan ya.. selamat upgrade :)
  9. Posted July 22, 2012 at 9:14 pm | Permalink
    Alhamdulillah, saya jadi tahu ternyata panel yang disediakan itu berguna pula untuk updating software, Ya… makasih deh, info dan tipsnya sangat bermanfaat bagi saya. Sesudah saya coba, ternyata bila software kita sudah pakai versi terbaru, maka akan ada warning “No update found”, maksudnya itu berarti kita punya sudah versi baru. Okay.. Salam sahabat.
  10. doel
    Posted July 24, 2012 at 4:44 am | Permalink
    kok msh g bsa gan pnyaq galaxy mini 2.3.4 tk update softwarenya…msh dblsi tdak ad software bru
  11. andik setya
    Posted July 24, 2012 at 9:40 am | Permalink
    apakah setelah di upgrage android kita jadi kembali ke pengaturan pabrik atau tetap seperti setelah kita root,?
  12. Posted July 24, 2012 at 9:52 am | Permalink
    @doel: berarti kemungkinan untuk galmin firmware official terupdate memang versi 2.3.4 mas.. maaf sy kurang tau untuk galaxy mini :D kalo galaxy ace saya sih terakhir versi 2.3.6..
    @andik: iya mas.. setelah di upgrade, partisi /system benar-benar diganti dengan file baru, tapi tidak dengan partisi /data nya. Sehingga aplikasi tidak hilang, tetapi root nya yang hilang jadi harus di root lagi deh.. kira2 begitu..
  13. andik setya
    Posted July 24, 2012 at 10:04 am | Permalink
    thanks gan atas pencerahanya!
  14. tyo
    Posted August 1, 2012 at 6:58 am | Permalink
    Kalo buat Samsung Galaxy Young bisa ga Gan?
  15. Posted August 1, 2012 at 10:01 am | Permalink
    saya rasa mestinya bisa untuk semua versi android yang ada menu “software update”-nya.. tidak menutup kemungkinan juga diluar merk samsung ya.. asal menu tsb ada. sehingga bisa support upgrade on the fly ini..
  16. zul
    Posted August 2, 2012 at 8:08 am | Permalink
    kk kok gk bsa buat nexian aku, nexian android a712 kk…
    trus ada baca’an your system is currently up to date…
    gmn kk bsa gk di upgarde froyo aku…
  17. Posted August 4, 2012 at 5:29 am | Permalink
    apakah cara di atas berlaku untuk tablet seperti tablet idea tab s2110
  18. Al Jalil
    Posted August 6, 2012 at 10:21 pm | Permalink
    mantaaap bos…samsung galaxy ace ane da berhasil di upgrade ke 2.3.6, tks
  19. Genje
    Posted August 9, 2012 at 8:44 am | Permalink
    untuk Galaxy Mini Yg G Bisa Upgrade ke 2.3.6 Pke Software Update , Mending Pake’ Cara Manual ,
    Om Ada Yg Punya tema Ice Cream Sandwich Yg Stabil Buat Gingerbread 2.3.6 ?
  20. Posted August 11, 2012 at 6:06 am | Permalink
    thanks informasinya..
    Ane mau upgrade os android di galaxy note..
  21. firman
    Posted August 23, 2012 at 12:40 pm | Permalink
    gan kalau cara upgrade android 2,1 ke 2,2 froyo gimana ??
  22. bahagia
    Posted August 27, 2012 at 1:12 pm | Permalink
    klo panel nya ga ada gmna
  23. ahmad
    Posted September 4, 2012 at 11:56 am | Permalink
    Kok punyaku gag bisa ya gan..
    Udah android 236 cih…mau ke yg lebih tinggi lg..tp selalu pesan yg muncul…tidak ada upgrade yg trsedia brow
  24. Posted September 13, 2012 at 1:31 pm | Permalink
    samsung young dous ane kemaren dah ane root, trus aku coba ganti font, dan bisa..
    trus niat ane mau ganti font lg, tp malah aplikasi eror…tp font bisa aku kembalikan k semula..
    ane mau nyoba upgrade ke v 236, siapa jadi bisa di ganti lg sob..
    oke lah sob, thenx bnget ya info nya…
    oya kalo upgrade nya tanpa wifi, mana yang di pilih???
    apa klik update aja???
    salam kenal sob,,,
  25. Hanif
    Posted September 16, 2012 at 7:43 am | Permalink
    mission complette
    thanks gan
  26. bagus
    Posted September 16, 2012 at 11:15 pm | Permalink
    mau nanya nih, saya pake Galaxy Ace. pas mau di update kaya cara diatas, kok ada warning “no update found” padahal versinya masih 2.3.4. tolong pencerahannya ya
  27. aan
    Posted September 20, 2012 at 9:11 pm | Permalink
    wah gagal mulu nih, perangkat telpon ngak dikenali katanya, ini masalah dimana yah?????
  28. aan
    Posted September 20, 2012 at 9:11 pm | Permalink
    saya pake galaxy Y
  29. koya
    Posted October 4, 2012 at 6:30 pm | Permalink
    kok not found
  30. Posted October 7, 2012 at 1:39 pm | Permalink
    Info Teknologi yang membantu gan
  31. Juan Paranto
    Posted October 21, 2012 at 3:36 pm | Permalink
    ini versi gue 236, trus udh update 2x kok tetep aja 236 sihh ??
    Mohon pencerahannya.
  32. Posted October 21, 2012 at 8:39 pm | Permalink
    halo, kalau setelah di cek update masih 2.3.6 berarti memang tidak ada update terbaru untuk androidnya (itu sudah versi terakhir). saya rasa cukup jelas. terima kasih :)

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *
*
*
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

0 komentar:

Posting Komentar